ASSALAMU'ALAIKUM

Rabu, 09 Juni 2010

Karena Semua Orang Punya Persepsi

Seminggu ini terasa berat bagiku, karena inilah hari dimana aku benar - benar terjun sebagai seorang peneliti, demi tesisku, ku ingin mengerjakannya sendiri saja, tanpa ada orang lain didalamnya.. Mengambil judul penelitian "perpsepsi" memang susah - suah gampang, lebih banyak susah diawal namun sepertinya mudah diakhir , kita dihadapkan pada berbagai fenomena, lintasan berfikir, perbedaan, hingga pada perselisihan cara pandang. namun tenag kawan, karena kali ini saya tidak akan bercerita mengeani tesis saya, karena cukuplah saya bingung dalam kesendirian mencari dan menunggu responden dengan sedikit memaksa mereka untuk mengisi kuisioner sebanyak 24 pertanyaan itu. kali ini kita akan melihat persepsi dari sisi lain,. tahukah kau kawan, selama beberapa hari ini ada dua masa yang sangat berbeda yang saya alami dalam proses pengambilan data responden, sesi pertama adalah sesi pengambilan data responden penumpang yang naik kedalam halte, kawan anda tahu cukup 30 menit maka saya akan menyelesaikan target responden saya, namun ketika memasuki sesi kedua dimana saya harus mengambil data responden yang turun, anda bisa bayangkan kawan, saya harus menunggu sampai sore baru kemudian saya dapat melengkapi jumlah responden saya yang hanya 5 buah itu.
saya kemudian mencoba berbagai cara, hingga mencoba masuk kedalam fikiran responden, dari situ kemudian saya mengetahui bahwasanya setiap orang punya persepsi berbeda - beda, banyak cara yang sudah coba saya lakukan mulai dari berpenampilan menarik hingga membuat cocard UGM agar terlihat benar - benar necis, namun ya tetap saja sama, para penumpang bahkan tetap menunjukkan sikap yang berbeda - beda karena mugnkin dalam fikiran mereka sudah ada persepsi awal, tentang siapa dan apa saya, mereka mungkin berfikir saya ini sales, health advisor, atau sejenisnya, bahkan ketika di mengambil responden di prambanan mungkin beberapa diantara mereka mengira bahwa saya adalah tukang ojek... hihihihi... lucu, seru, asyik dan menyebalkan... tapi itulah kehidupan dan itulah penelitian,. so just do it kata iklan nike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar