ASSALAMU'ALAIKUM

Minggu, 28 Februari 2010

Growth Management


menurut kuliah hari, semua kota seperti apapun bentuknya pasti akan mengarah pada pertumbuhan (growth) kenapa karena selalu saja ada mekanisme pasar yang perjalan didalamnya (market mechanism), mekanisme pasarlah yang kemudian membentuk apa yang kita kenal dengan istilah SD, (ini istilah yang saya buat sendiri biar mudah ingetnya)S = supply, D = demand, ya supply dan deman atau permintaan dan penawaran, menurut teori ekonomi akan terjadi pada mekanisme pasar, namun dalam perjalanannya kita dihadapkan pada prilaku konsumen (consumen behaviour, dimana ciri dari prilaku konsumen adalah maksimalitas, maksudnya ingin mendapatkan barang yang paling baik, namun juga dengan harga yang paling rendah (maximality goods and lower price, kondisi ini pun kemudian mendorong produsen untuk memproduksi barang dengan ongkos produksi (cost production)yang seminimal mungkin dan hasil produksi yang maksimal, dampak dari kondisi ini tidak lain adalah external cost, biaya eksternal merupakan biaya yang dianggap "anak tiri" oelh sebagian besar produsen, bahkan amat sangat diharapkan agar tidak ada, biaya ii adalah biaya yang menyangkut sosial dan lingkungan (social cost and environmental cost), biasanya perusahaan jarang dan amat pelit mengluarkan biaya menyangkut kedua hal tersebut karena dianggap sebagai parasit yang mengambil cashfloe perusahaan tanpa memberikan benefit (keuntungan) bagi perusahaan, emang kalo difikir kedua pos pengeluaran (spending post)tersebut tidak memberikan dampak benefit jangankan signifikan bahkan adapun sudah untung, oleh karena itu perusahaan biasanya "ewuh pakewuh" bila diminta untuk mengeluarkan biaya untuk hal ini, dampaknya apa.? bagi perusahaan mungkin tidak tapi bagi orang yang ada disekitarnya, kemudian lingkungan yang juga terdapat disekelilingnya (termasuk daerah operasionalnya) akan mendapatkan dampak tersebut, dampak ini yang kita kenal dengan "eksternalitas", dimana terjadi kerusakan lingkungan, dan ketimpangan sosial yang tentunya akan memberikan dampak - dampak domino berikutnya... inilah yang kemudian kita sebut sebagai "market failure" atau indonesianya kegagalan pasar, gagalnya pasar karena seharusnya dia mengikuti mekanisme yang ada, tapi udah terlanjur, maka sebagai upaya agar hal ini tidak lagi terjadi ada upaya yang perlu diambil khususnya oleh pemerintah sebagai pemegang kekuasaan, upaya itu kita namakan INTERVENSI... bagaimana intervensi dilakukan..saksikan episode selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar