ASSALAMU'ALAIKUM

Selasa, 02 November 2010

menjaga kredibilitas lembaga

bicara kredibilitas maka bicara masa depan. bicara kredibilitas mka bicara mengenai SDM, bicara kredibilitas maka bicara mengenai kejujuran, bicara kredibilitas maka kita pun pasti bicara mengenai profesionalisme...

tak mudah membangun sebuah nama besar, begitupula teramat tidak mudah menjaga kredibilitas. bila hanya butuh waktu beberapa tahun untuk membangun kredibilitas maka butuh waktu bertahun - tahun bahkan tak berhingga tahun untuk menjaganya. selama orang - orang yang ada didalam lemabaga tersebut ingin tetap menjaga eksistensi lembaga maka selama itu pulalah keharusan untuk tetap komitmen menjaga kredibilitas perlu tetap di pelihara. bila orang - orang dahulu berkata karena nilai setitik maka rusak susu sebeleanga, jelas ni pun berlaku pada upaya menjaga kredibilitas. ketidakmampuan menjaga nama baik sebuah lembaga akan berdampak rusak semua tatanan yang telah terbentuk di lembaga tersebut. tidak ada lagi nama besar tidak ada lagi trust tidak ada penghargaan, yang tersisa tinggal cemoohan dan daftra hitam keburukan lembaga di mata orang ramai.

begitu urgennya menjaga kredibilitas sebuah lembaga, maka perlu sebuah lembaga perlu dan teramat perlu untuk memberikan perlakuan khusus, memberikan syarat khusus dan batas - batas khusus. apa itu mari kita urai satu demi satu :

lembaga yang ingin tetap kredibel perlu melakukan beberapa hal dibawah ini :

1. berlaku adil dan professional

2. memberi pelayanan yang terbaik

3. melakukan komunikasi intens

4. membantu sepenuh hati

5. prioritas dan punya integritas

kelima hal tersebut bukan hanya berlaku bagi organisasi, namun juga berlaku bagi orang - orang yang berada dalam organisasi tersebut. kondisi ini sekaligus memberikan satu statement bahwa mencari orang yang tepat untuk organisasi adalah hal yang sangat penting. keberadaan orang dalam sebuah organisasi menjadi modal utama, dan bahkan saya mengatakannya yang paling utama. bila anda adalah perusahaan komersil maka penting bagi anda mencari karyawan yang tepat, komitmen, loyal dan jujur. anda yang di organisasi dalam mencari orang perlu memiliki syarat tertentu tidak serta merta memasukkan seorang kedalam organisasi dengan alasan bahwa organisasi butuh SDM, tapi perlu anda pertimbangkan beberapa hal diantaranya perhatikan niatnya.? kemudian tanya komitmennya.? kemudian uji loyalitasnya..

membangun kredibilitas sekali lagi memang bukan hal yang mudah namun, menjaganya lebih tidak mudah lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar